PENYEBAB BENJOLAN DI LUAR MISS V DAN CARA MENGATASINYA - Pengobatan kulit dan kelamin

Home Sitemap About Me Privacy Policy TOS
 

PENYEBAB BENJOLAN DI LUAR MISS V DAN CARA MENGATASINYA

Munculnya benjolan di luar miss v di permukaan kulit bisa sangat mengganggu dan menimbulkan kekhawatiran. Berpikir bahwa benjolan itu merupakan jerawat,bisul atau gejala penyakit serius. Umumnya kondisi ini tidak berbahaya ataupun menyakitkan. Meski begitu, tetap saja kondisi ini harus diobati dengan tepat. Lalu bagaimana cara mengatasi benjolan di luar miss v? Anda jangan khawatir,disini saya akan memberikan solusinya. Tetapi sebelumnya mari kita simak ulasan terlebih dahulu di bawah ini mengenai PENYEBAB BENJOLAN DI LUAR MISS V DAN CARA MENGATASINYA . Berikut penjelasannya.

PENYEBAB BENJOLAN DI LUAR MISS V

Salah satu masalah yang harus diwaspadai oleh wanita adalah benjolan di vagina. Lantas, apa yang menyebabkan benjolan pada vagina? Benjolan yang tumbuh di sekitar vagina dapat disebabkan oleh berbagai macam sebab. Beberapa penyebab benjolan di vagina di antaranya: sumbatan kelenjar, infeksi, kongenital atau tumor. Sementara itu, benjolan yang paling sering terjadi pada organ intim wanita ini adalah kista Bartholin. Maka dari itu ketahui PENYEBAB BENJOLAN DI LUAR MISS V DAN CARA MENGATASINYA.

Kelenjar Bartholin berukuran kecil dan pada keadaan normal, biasanya tidak terlihat dan tidak teraba. Pada keadaan terentu seperti infeksi kronis, terbentuklah kista Bartholin yang ditandai dengan adanya benjolan dengan perabaan lunak pada bibir kemaluan, biasanya tidak disertai dengan adanya nyeri. Gangguan pada kelenjar Bartholin yang sering terjadi adalah kista Bartholin dan abses Bartholin, di mana kedua hal ini merupakan penyebab tersering terjadinya benjolan pada vagina dan biasanya hanya mengenai salah satu kelenjar. Kista Bartholin terjadi akibat adanya sumbatan pada saluran keluar kelenjar Bartholin, sehingga kelenjar membengkak dan membentuk kista. Kista Bartholin yang menyebabkan benjolan di vagina pada umumnya tidak nyeri, adanya nyeri dapat menunjukan bahwa ukuran kista sudah semakin membesar dan terjadi infeksi.

Sedangkan abses Bartholin terbentuk ketika kista Bartholin mengalami infeksi bakteri seperti Chlamydia, Gonorrhea, dan Escherichia coli. Pada abses Bartholin, dapat ditemukan benjolan kemerahan pada bibir vagina, disertai dengan rasa nyeri terutama saat berhubungan seksual dan rasa tidak nyaman saat posisi duduk. Gejala demam juga dapat menyertai kondisi ini. Pada abses Bartholin memiliki gejala seperti nyeri, kemerahan pada daerah sekitar vagina, terasa adanya gumpalan pada lubang vagina, tidak nyaman saat berjalan atau duduk, nyeri saat berhubungan seksual, hingga menimbulkan demam.

PENYEBAB LAIN BENJOLAN DI LUAR MISS V

Selain beberapa penyebab di atas, penyebab benjolan pada vagina lainnya yang harus Anda ketahui, di antaranya:

1. Gejala Kanker

Kemungkinan dari benjolan di luar miss v yang kamu rasakan di daerah vagina. Walau pada dasarnya kanker jarang menimbulkan gejala fisik yang terlihat maupun terasa, bukan berarti benjolan di luar miss v ini tidak termasuk salah satu gejalanya. Bahkan,benjolan di luar miss v adalah salah satu gejala yang paling potensial.

2. Bisul

Benjolan di vagina yang ditemukan bisa juga terjadi karena bisul atau dalam dunia medis dikenal sebagai furunkel adalah peradangan folikel rambut dan jaringan sekitarnya. Furunkel biasanya disebabkan karena infeksi bakteri dan ditandai dengan benjolan kemerahan, terkadang berisi nanah pada sekitar kemaluan.

3. Kanker Vulva

Kanker vulva adalah kanker yang menyerang bagian luar sistem reproduksi wanita (vulva). Area ini termasuk bagian depan vagina, bibir vagina (labia), klitoris, dan kulit serta jaringan yang menutupi tulang kemaluan. Salah satu tandanya adalah kutil yang tumbuh pada vulva atau benjolan di labia yang diikuti oleh sejumlah tanda berikut: perdarahan setelah hubungan seks, sakit pada vulva, perubahan warna kulit, dan rasa gatal dan terbakar pada vulva yang bertahan lama.

Kecil kemungkinannya benjolan yang Anda temukan adalah tumor sel kanker. Kanker vulva termasuk langka, hanya menduduki 3-4% dari total kasus kanker alat reproduksi wanita. Jenis kanker ini adalah kanker kulit lambat, butuh waktu tahunan untuk berkembang. Perubahan prakanker biasanya dapat dideteksi dan diobati.

4. Herpes Genital

Herpes genital pada perempuan umumnya tidak menimbulkan tanda dan gejala sama sekali (asimptomatik). Tapi, jika ada, herpes genital menyebabkan borok atau koreng, bukannya benjolan. Borok biasanya terasa gatal, panas terbakar, dan lumayan sakit. Borok awalnya berupa bentol kecil mirip gigitan serangga yang berubah menjadi luka melepuh yang terbuka dan terlihat seperti bisul. Jika Anda memiliki borok herpes genital Anda akan cepat menyadarinya karena rasa sakit dan ketidaknyamanan yang disebabkannya.

5. Kista Bartholin

Kista pada vagina umumnya dapat terbentuk dari penumpukan lendir  akibat tersumbatnya kelenjar Bartholin yang berfungsi untuk melumasi dinding vagina. Kista Bartholin muncul berupa benjolan kecil berisi cairan yang terletak pada bibir vagina. Kondisi yang dapat berupa benjolan di kemaluan wanita sebelah kiri ini umumnya tidak terasa sakit dan tidak keras, serta hanya dapat dideteksi pada pemeriksaan serviks rutin jika tidak bergejala.

CARA MENGATASI BENJOLAN DI LUAR MISS V

Berikut adalah 3 cara mengatasi benjolan di luar miss v yang bisa anda lakukan,diantaranya:

1. Antibiotik

Dokter akan meresepkan antibiotik jika setelah dicek ternyata kista di vagina Anda mengalami infeksi. Dokter juga akan meresepkan antibiotik jika Anda terdeteksi memiliki infeksi menular seksual. Akan tetapi, jika kumpulan nanah pada benjolan berhasil dikeringkan melalui prosedur lainnya maka dokter tidak akan meresepkan Anda antibiotik.Obat Vagina Bengkak

2. Kompres Dengan Air Hangat

Mengompres dengan air hangat dapat menjadi salah satu metode untuk membantu melawan infeksi pada bisul. Kehangatan kompres dapat melancarkan sirkulasi darah di area tersebut. Kamu bisa melakukan teknik berikut paling tidak 3 hingga 4 kali sampai bisul mereda. Caranya, siapkan air hangat dan handuk bersih. Rendam handuk pada air hangat, dan peras sisa air. Letakkan handuk hangat pada area bisul dan diamkan selama kurang lebih 10 menit.

3. Rutin mengganti pembalut ketika sedang haid

Saat menstruasi area kewanitaan cenderung menjadi lembap. Untuk itu, kamu disarankan mengganti pembalut setiap 3-4 jam sekali untuk mencegah timbulnya masalah pada vagina.

Kami membuka layanan pengobatan herbal terpadu silahkan klik salah satu tombol di bawah ini atau kunjungi situs resmi kami di sini pengobatan herbal

Demikian ulasan mengenai benjolan di luar miss v yang bisa kami jelaskan. Semoga bermanfaat untuk anda sebagai pembaca. Terima kasih telah berkunjung ke website kami semoga bermanfaat untuk anda. Saran dari kami jangan tunda-tunda penyakit anda sebelum penyakit anda semakin parah dan segeralah lalukan pengobatan yang tepat sebelum semakin parah.

 
PENYEBAB BENJOLAN DI LUAR MISS V DAN CARA MENGATASINYA
Artikel "PENYEBAB BENJOLAN DI LUAR MISS V DAN CARA MENGATASINYA" ditulis oleh admin update terakhir pada 21st September 2019 Categories: Uncategorized Tags: , , , , permalinks https://www.doktersifilis.com/penyebab-benjolan-di-luar-miss-v-dan-cara-mengatasinya/ di Pengobatan kulit dan kelamin

Related Posts:

Komentar Terbaru

Home Sitemap About Me Privacy Policy TOS


2014 - Pengobatan kulit dan kelamin